Saturday 22 October 2016

Pengen serius ngeblog

Udah lama banget ga nulis di sini. Belakangan saya punya keinginan serius ngeblog. Isi blog benar-benar dipikirin dan berusaha ngasih konten yang bermanfaat untuk orang yang baca. Tapi di pikiran saya muncul ketakutan. Kayaknya ide seperti ini tidak akan bertahan lama. Saya akan malas lagi seperti biasa untuk melanjutkannya

Saya menimbang-nimbang. Apa perlu saya punya domain sendiri? Sayang uangnya kalau saya tidak serius mengisi blognya nanti. Buset. Hidup saya banyak mikir tapi sedikit aksi!

Learning by blogging

Saya pikir belajar dengan cara ngeblog sangat efektif. Kadang saya membaca buku, tapi ya sekedar membaca. Akhirnya ilmu yang dibaca hilang begitu saja dan pikiran saya tidak terbentuk.

Membaca tanpa menulis seperti kaki kanan tanpa kaki kiri. Pincang! 

Blog akan membantu saya belajar dan berpikir tentang materi yang baru saya baca. Lagi pula orang-orang bisa membacanya dan mendapatkan manfaat juga. 

Selama ini saya menulis diari. Tapi di sana saya menulis untuk diri sendiri. Tidak ada perasaan takut atau cemas tulisan menjadi jelek. Tidak ada usaha juga agar tulisan enak dibaca dan bermanfaat. Saya hanya membual saja di sana. Niatnya sih untuk mengeluarkan semua unek-unek di kepala dan hati, tapi jadinya malah hal buruk untuk kemampuan menulis saya. Saya terbiasa menulis tanpa pikir dan tak enak dibaca. 

Apakah saya sempat untuk menulis blog?

Pertanyaan itu muncul di kepala. Lagi lagi saya overthinking. Sudah, lah. Kamu tidak terlalu serius menanyakan hal itu. Pertanyaan itu tak perlu dijawab, bahkan sesungguhnya tidak perlu ditanyakan. Kalau kamu pikir ngeblog itu bermanfaat, pasti kamu akan menyempatkan waktu menulis.

Iya. sepertinya saya akan serius ngeblog. Saya ingin beli domain, menulis dengan ceria, dan berbagi perspektif dan pengetahuan dengan orang-orang. 


No comments:

Post a Comment