Sunday 22 April 2012

Cerita tentang Qur'an : 4 pendeta masuk islam

Cerita tentang Qur'an : 4 pendeta masuk islam

by Ginan Aulia Rahman on Monday, June 6, 2011 at 10:04am ·
Minggu, 5 juni 2011. Pagi yg cerah dimusim panas. Damaskus pagi hari tidak jauh berbeda dengan garut pagi hari, kita masih menguap2 sedikit, masih ada sisa kantuk yg sebenarnya ngantuk2an, bukan ngantuk beneran. Perlu niat yg kuat untuk bangun, nafas yg dalam dan tekad belajar yg dahsyat luar biasa.

Saya masuk kelas, shaf awal syu'bah tsani (I.2). Di Lantai 2 mahad badrudien hasani. Melangkah menuju bangku yg disana sudah ada muhammad ahmad muhammadov, dagestan rusia. Teman sebangku saya.

Saat itu pelajaran pertama tilawah, tapi sudah sekitar 5 menit berjalan setelah bel masuk berbunyi, ustadz zaid belum datang juga.

Tiba-tiba ustadz faiz masuk ke kelas. Dan semua thalib berdiri.

'silakan duduk' ustad faiz mempersilakan.

Ustadz faiz melihat kesekitar, mengucapkan hamdalah, bershalawat pada nabi dan berkata

'saudara2ku. Alquran adalah rahmat yg Allah berikan kepada kita. Pedoman kita satu satunya, yg apabila kita berpegang teguh padanya tak akan sesat kita selamanya..

saya akan menceritakan salah satu pengalaman saya yg tidak terlupakan, ketika saya berada di jerman, Dan saya bersama 4 pendeta kristen saat itu.

saya berada diantara mereka yg sedang berdebat tentang injil2 mereka. Salah satu dari mereka membaca injil barnaba, satunya lagi matius, dan yg lain johana juga lukas. Mereka saling berdebat dan menyalahkan kitab mereka yg lain.

Saat itu debatnya panas sekali. Dan saya yg berada diantara mereka, hanya mendengarkan apa yg mereka katakan tentang injil2 mereka. Saya sendiri tahu injil seluruhnya ada 80 versi. Saya hanya mendengar, saya terdiam.

Tiba2 ada salah seorg yg bertanya pada saya. 'mengapa kamu diam saja? Sepertinya kamu muslim?' saya tidak menjawab, hanya tersenyum saja.

Lalu seorg dari mrk bertanya lg. 'ada berapa kitab suci yg kalian punya?'

'menurut perkiraan kamu ada berapa?' saya balik bertanya..

'ya 5 sampai 10, saya kira'

saya tersenyum mendengar jawabnya..

'jd ada berapa?' dia bertanya tegas

'dalam agama kami islam, hanya memiliki 1 kitab suci. Alquranul kariem'

ada satu yg terkaget 'wah? Bagaimana bisa?'

'coba saya bertanya, siapa yg menurunkan injil?'

'yg menurunkan injil itu Tuhan jesus. Dialah yg memberi petunjuk pada kita'

'klo memang Tuhan yg menurunkan injil. Lalu mengapa injil jd begitu banyak? Apakah setiap injil2 itu isinya berbeda?

Salah satu menjawab. 'ya, berbeda'

'apakah rasional, Tuhan berkata A. Dan beberapa saat yg lain dia berkata B. Mengapa dia plin plan? Dan itu mustahil'

'hmm.. Ya.. Km sendiri, coba beritahukan kami, mengapa bisa alquran itu hanya satu. Kami perlu penjelasan'

nah, pada saat itu saya menceritakan tentang Alquran pada mereka kurang lebih 4 jam lamanya. Mengapa alquran terjaga keautentkannya sampai sekarang. Apa yg saya ceritakan pada mereka akan saya ceritakan pada kalian semua.

Alquran itu turun pada nabi muhammad SAW dari Allah SWT melalui perantaraan jibril.

suatu saat. Ada seorang isri yg di dzihar suaminya. Suaminya berkata padanya 'punggungmu layaknya punggung ibuku'. Maksud dari ini bahwa suaminya bersumpah tidak akan menggauli istrinya lagi. Tapi beberapa saat kemudian, tdk lama. Si suami itu seolah olah tidak mengatakan apa apa dan datang pada istrinya. Tapi istrinya menolaknya. Dan ia akhirnya ingin mengadu pada rasul. Lalu pergi kerumah rasul SAW.

Ketika tiba dirumah rasul, disana ada aisyah. Si istri itu bertanya, bolehkah saya berbicara dengan rasul. Dan rasul datang dan mempersilakannya berbicara. Aisyah keluar dari kamar itu. Mencoba untuk mendengar pembicaraan itu dari luar, tapi perempuan itu berbicara pelan sekali, rasul pun begitu.

Perempuan itu mengadukan apa yg terjadi padanya oleh suaminya.. Tiba tiba rasul keluar keringat dari dahinya. Aisyah melihatnya dari luar. Dan ia tahu bahwa itu berarti akan turun wahyu dari Allah.

Turunlah surat al-mujadalah atas sebab perempuan itu
'qad sami'a qaulal latii tujaadiluka dst'

saya menceritakan itu pada mereka para pendeta, dan mereka tercengang. Begitu kronologisnya turunnya alquran. Dan saya melanjutkan cerita.

Suatu saat ketika hendak berperang. Ali ibn abi thalib mencari2 baju besi untuk perangnya, dan beliau tidk menemukannya. Datang seorg2 kepada ali, memberitahukan bahwa dia tahu klo baju perang miliknya itu dicuri oleh seorg yahudi.

Akhirnya didatangi yahudi yg dituduh mencuri itu, dan ternyata di halaman rumahnya ada baju perang milik ali. Kasus ini disampaikan pada rasulullah. Sebagimana perjanjian yg ditulis saat itu, siapa yg mencuri maka ia harus dipotong tangan kanannya, dan diperaturan agama yahudi juga memang begitu, hukumnya sama.

Rasul bertanya pada org yahudi itu, apakah dia benar benar mencuri?. Tp org yahudi itu mengaku tidak mencurinya sambil merasa ketakutan. Dan org muslim yg memberi tahu ali bilang, bahwa dia yahudi itu memang benar pencurinya.

Tiba tiba rasul gemetar, dan didahinya mengucur keringat. Ummar ibn khatab yg ada saat itu tahu, pasti akan turun wahyu.

turunlah wahyu Allah. Allah memberitahukan bahwa bukan yahudi itu yg mencuri, tp org muslim munafiq yg menuduh yahudi itu yg mencurinya..

Para pendeta pun makin melongo mendengar kisah itu.

Alquran itu ketika turun. Nabi muhammad selalu berusaha keras untuk terus menjaganya, takut lupa.. Maka rasul terus membacanya.

Al alaq, mudatsir, mujammil.. Ayat ayat quran turun kepada nabi semakin banyak jumlahnya. Dan akhirnya Allah berfirman kepada nabi untuk tidak terlalu meletihkan lidahnya dengan terus membaca, dan menjamin bahwa Allah akan menjaga hafalan didadanya, tak akan pernah lupa.

Alquran itu setiap ramadhan, nabi muhammad menyetorkan hafalannya pada jibril. Dan menjelang tahun2 terakhir masa nya menyetor hafalan itu ditambah 2 kali lipat.

Para sahabat sendiri banyak yg menghafal alquran. Dan banyak dari mereka yg menulis quran. Dan dari para penulis quran itu. Zaid ib tsabit, muawwiyah ibn abi shafyan.

Apabila quran turun pada nabi muhammad, nabi muhammad memanggil para penulis itu untuk menulisnya. Dan banyak jg para sahabat yg menulis bagi dirinya menyetorkan pada rasul untuk mencek benar atau tidaknya tulisan yg dibuat.

Rasulullah wafat. Alquran telah turun semuanya. Dan saat itu ada didada org2 muslim dan hafalan mereka.

Pada suatu perang melawan kaum murtad. Banyak korban perang berjatuhan dari pihak muslim, dan diantara mereka 70 para penghafal quran. Ummar yg mengetahui hal itu jd khawatir alquran suatu saat akan hilang beriring hilangnya para penghafal.

Akhirnya ummar menghadap khalifah saat itu, abu bakr. Dan menyampaikan idenya untuk menuliskan alquran. Tp abu bakr berkata 'bagaimana mungkin kita melakukan apa yg tdk dilakukan oleh rasul?'. Ummar terus memberikan argumennya sampai hati abu bakr yakin klo hal ini mesti dilakukan.

Khalifah memanggih zaid ibn tsabit untuk mengumpulkan alquran. Zaid juga berkata 'bagaimana mungkin saya melakukan apa yg tdk dilakukan rasulullah?'. Abu bakar membujuknya dan akhirnya zaid akan mengumpulkannya.

Sebenarnya. Abu bakar hafal, ummar hafal dan zaid pun hafal quran seluruhnya. Tp alquran itu tidak ditulis berdasarkan hafalan seseorg. Zaid hanya akan menulis ayat yg ada bukti tulisannya dan tulisan itu pernah diperlihatkan pada rasul dan rasul membenarkannya.

Berbondong2 para sahabat yg pernah menulis datang pada zaid dan menyetorkan tulisan itu. Tulisan2 itu ada yg ditulis diatas batu, tulang2 hewan, pelepah kurma dan kulit binatang. Zaid mengumpulkan dan menyusunnya. Sampai hampir selesai pengumpulan quran itu dan tersisa satu ayat akhir2 surat attaubah. Zaid tau itu, dan dia hafal ayat itu. Tp dia berkata 'tidak akan saya tulis sampai ada sesorg yg memiliki tulisan ayat ini dan rasul menyaksikannya'

saat itu ada seseorg yg baru pulang dari berdagang di syam. Dia diberitahu tentang hal itu. Ternyata dia memiliki ayat yg kurang tersebut lalu membawanya ke zaid. Komplit sudah pengumpulan alquran. Dan setelah komplit, masih belum selesai. Kumpulan quran itu dicek lagi dengan hafalan2 para sahabat. Setelah diyakini kebenarannya. hasil yg terkumpul disimpan di siti aisyah, anak abu bakar. Ketika abu bakar wafat dan khalifah ditangan ummar, alquran hasil pengumpulan itu pindah ke hafsah. Putri ummar dan Istri rasulullah.

Dimasa utsman. Islam telah menyebar di 2/3 dunia. Banyak org yg salah dalam membaca alquran. Huruf dan harakatnya. Karena pada jaman itu, tulisan arab belum memakai titik dan harakah. Maka utsman memanggil kembali zaid.. Dan zaid menulisnya 10 exemplar dan dikirim ke berbagai penjuru wilayah kekuasaan muslim saat itu.

Sampai sekarang hanya tersisa satu mushaf utsmani itu, berada diistambul (dan diduga masih ada satu lagi di vatican). di damaskus pun ada. Sampai tahun 810 H. Bahkan ibn taimiyyah, ib qayyiem azzauji, ibn katsir belajar dan mencocokan alquran yg mereka hafal pada mushaf utsmani itu. Tapi sayang, mushaf itu skrg tidak ada karena dulu mushaf itu terbakar saat masjid ummawi terbakar dimusim panas.

Saat ini alquran telah dicetak luas dan banyak tersebar keseluruh dunia. Coba kamu ke china, pasti kamu akan mendapat alquran yg sama, surat yg sama, ayat2 yg sama dengan quran yg ada di damaskus. Di afrika sama dengan di china, damaskus. Disemua tempat quran hanya satu. Apa yg sampai pada rasul dan beliau baca itu sama persis dengan yg kita baca sekarang

Ada cerita seorang ulama org afrika yg hafal quran tapi dia buta. Saat itu banyak sekali beredar alquran palsu yg dirubah2 ayatnya, dibuang satu dua kata quran yg fital. Dan semua belum ada yg tahu.

Suatu saat ada seorg mahasiswa yg menyetorkan hafalannya ke ulama yg buta itu. Mahasiswa itu membaca Sampai pada ayat. ' 'athi'ullaha wa 'athi'uur rasulaa wa ulil amri...' mahasiswa itu berhenti..
kata ulama itu 'minkum!'
trus mahasiswa itu mengulang bacaannya ' wa ulil amri' lalu berhenti. Ulama buta itu berkata 'minkum!'
mahasiswa itu berkata, 'tapi disini tidak tertulis minkum?' akhirnya ulama buta itu meminta mushaf yg dibaca mahasiswa itu. Dan ulama itu memberikan mushaf itu pada kawannya untuk menceknya. Ternyata banyak ditemukan kesalahan diquran cetakan itu. Terbongkarlah semua usaha org yg mau merubah quran dan jutaan exemplar quran yg beredar di afrika dibakar karena diketahui palsu!

Allah berfirman. 'sesungguhnya kamilah yg menurunkan qur'an, dan kami pasti menjaganya'

dan banyak sekali yg saya ceritakan pada para pendeta itu, dan meraka banyak bertanya tentang quran.. Dan pada pertemuan berikutnya kita berkumpul lagi. Ada seseorg pendeta yg berkata 'sekarang saya tidak hanya bertengkar dengan istriku lg masalah injil dia yg barnaba dan saya yg matius. Skrg saya jd tdk bisa tidur bersama istriku lagi.. Karena aku sekarang telah menjadi muslim'

4 pendeta itu akhirnya menyatakan dirinya menjadi muslim berkat hidayah dari Allah. Gereja yg dia pimpin dirubahnya menjadi masjid. Dan mereka sekarang menjadi para dai di jalan Allah..

Saudaraku.. Alquran adalah sebesar2 nikmat dari Allah bagi kita. Maka bacalah dan jadikan dia petunjuk dalam hidup ini. Sayang sekali bila kamu tidak berpegang teguh padanya padahal Allah telah memberikannya padamu.'

saya jd terinspirasi dari kisah ustadz faiz itu. Alquran itu memang bener asli dan autentik! Sudah jelas kebenarannya. Hanya ada satu didunia ini! Tdk terubah sedikitpun.. Mata air segala ilmu..

Kebenaran yg pasti, laa raiba fiih. Disaat dunia ini semakin ga jelas mana yang baik dan buruk. Kembali ke alquran adalah solusi.

Sahabat semua.. Saya Ingat apa yg dikatakan nabi pada kita.
Taraktu fikum amraini wa in tamasaktum bihimaa lan tadhilluu abada. Alquran wa sunnati rasul'
'aku tinggakan bagimu dua hal yg apabila kamu berpegang teguh padanya kamu tidak akan pernah tersesat selamanya. Alquran, dan sunnat rasul!'

1 comment: